Laman

Minggu, 25 Mei 2014

Resep: Brownies Kukus ala Ayu

 
Awalnya iseng aja nich bikin brownies, karena pas googling nemu resep yang simple, gak ngabisin banyak bahan dan kayaknya bikinnya cepet. Aslinya ini resep buat brownies panggang sich, tapi iseng aja nyoba dikukus dan jadi, sipppp.

So, dengan beberapa modifikasi dari aku (terutama gulanya biar nggak manis banget, tapi tetep aja manis hiks), jadilah Brownies kukus ala Ayu


Brownies kukus ala Ayu
Untuk 12 potong, menggunakan loyang Bundar diameter 20

Bahan:
- 2 butir telur, suhu ruang
- 150 gram gula pasir
- 100 gram margarin
- 100 gram tepung terigu serba guna atau protein rendah
- 35 gram coklat bubuk (aku pakai Van Houten)
- 175 ml susu cair (aku pakai low fat ultra coklat)
- ¼ sdt baking powder
- Seujung kuku garam, jika menggunakan mentega tawar

Topping:
- coklat beras (meises) sesuai selera
- Silverqueen parut secukupnya
- Keju cheddar parut secukupnya

Cara Bikinnya:
1. Olesi loyang dengan mentega dan taburi tepung, Sisihkan. Siapkan kukusan, dan panasi dengan api sedang. Agar uap tidak menetes di roti, sebaiknya alasi tutup dengan kain lap.

2.Siapkan loyang, masukkan telur dan gula pasir, menggunakan hand mixer kocok dengan speed rendah hingga bahan tercampur kemudian gunakan speed tinggi hingga telur dan gula mengembang. Tambahkan mentega dan teruskan mengocok hingga mentega tercampur baik. Matikan mikser, sisihkan

3. Siapkan loyang lain, camppur tepung terigu, bawking powder dan coklat bubuk. Masukkan tepung ke adonan yang telah dimixer tadi, dengan cara diayak langsung diatas adonan telur dan mentega, tuangkan secara bergantian dengan susu cair. Aduk ringan setiap tahapannya dengan spatula hingga menjadi adonan yang smooth dan tercampur baik.

3. Bagi adonan menjadi 2 bagian, lalu masukkan adonan pertama ke dalam loyang dan kukus selama 10 menit. Lakukan test dengan menusukkan lidi di tengan kue, jika tidak ada adonan yang menempel maka adonan pertama sudah matang.

4. Taburkan meises sesuai selera anda, lalu tuang adonan terakhir hingga habis dan kukus selama 25 menit. Lakukan test dengan menusukkan lidi di tengan kue, jika tidak ada adonan yang menempel maka brownies sudah matang dan angkat dari kukusan.

5. Jika brownies sudah agak hangat, taburi dengan parutan keju cheddar dan silverqueen di atasnya.


Kue siap dipotong dan santap. Yummy!
Gimana, mudah dan simple banget kan bikinnya.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar