Laman

Kamis, 15 Mei 2014

Korean Food: Bibimbap Hoo Set Malang

Inilah makanan yang paling sering muncul di drama-drama Korea. 


Setiap nonton drama Korea, makanan yang satu ini gak bakalan ketinggalan, selalu muncul dan bikin kita ngiler. Apalagi kalo ngeliat ekspresi pemainnya yang lagi makan bibimbap, aduuuhh, bikin kita sirik Ya, nama makanan itu adalah Bibimbap. Apa sih Bibimbap itu? 
Bibimbap atau biasa di sebut nasi campur, adalah salah satu makanan khas Korea yang isinya nasi putih, dan sayur-sayuran, yang di campurjadi satu dalam sebuah mangkuk. Nama Bibimbap sendiri berasal dari kata Bibim yang artinya campur dan bap yang artinya nasi. Sayuran atau isi yang biasanya dicampur buat bikin Bibimbap itu adalah timun Jepang yang dipotong kecil-kecil kaya korek api, bayam, lobak, pasta kedelai, jamur, gosari, selada dan juga rumput laut kering/ nori. Selain sayuran, bahan campuran bibimbap, ada daging sapi dan telur mentah. Tapi, kalo emang gak ada nasi, bisa diganti sama ayam.
Karna namanya nasi campur, makanya semua bahan-bahannya diaduk sampai merata. Oiya, bibimbap juga pake sambal yang namanya gochujang atau pasta cabai. Nah, sambal ini nih yang bikin warnan bibimbap jadi merah dan rasanya sangat pedas. Bibimbap bisa di simpan di kulkas, soalnya makanan ini bisa dimakan saat panas ataupun dingin. 
Tapi biasanya bibimbap dihidangkan disebuah mangkuk batu yang udah dipanaskan yang biasa disebut Dolsot Bibimbap (mangkuk panasBibimbap). Dan panas dari dolsot inilah yang bikin telur mentah yang dicampur jadi matang. Di Malang tempat yang menyajikan Bibimbap paling oke cuma di Hoo Set. Secara harga lebih mahal tapi isi lebih oke, saosnya cocok di lidahku. Kedai seasoning sih bibimbapnya nggak banget, kurang oke. Kalo yang sebelah itu pesenan suamiku, spicy noodle. 

Alamat Hoo Set dulu di Ciliwung ruko deket Onde2 christien. Sekarang udah pindah ke jl. raya langsep daerah dieng plaza. Jadi pingin kesana lagi...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar